Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Metode Unik Belajar Tanpa Wajib Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak cuma kangen dengan teman-sahabat atau peristiwa asyik lainnya, tapi kau juga pasti rindu belajar dan menerima ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, tapi enggak seluruh dari kita dapat kembali ke tempat duduk kuliah sebab alasan tertentu. Melainkan enggak melanjutkan kuliah ke tahapan selanjutnya bukan berarti kamu enggak bisa terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di era komputerisasi ini. Berikut metode-cara unik untuk belajar tanpa seharusnya kuliah lagi yang bisa kamu terapkan!

7 Cara Unik Untuk Belajar Tanpa Seharusnya Kuliah

#1. Memperdengarkan podcast
Untuk kamu cewek yang sibuk bekerja, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di sela-jeda kesibukanmu. Kamu dapat menuntaskan keadaan sulit itu dengan mendengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, berguna, dan dapat menambah ilmumu, lalu kamu bisa mendengarkannya ketika berada di kendaraan awam menuju kantor atau di saat jam makan siang.

#2. Update kabar dan tren terupdate
Ini mungkin terdengar remeh, melainkan enggak ada yang lebih bikin kamu kelihatan mahir dan knowledgeable kecuali up-to-date dengan isu dan tren terkini yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu ketika bermain smartphone untuk membuka portal kabar dan baca info tiap pagi untuk mengenal apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Turut seminar atau pelatihan
Kau ingin menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kau berharap memacu passion kau di luar profesi kantoranmu? Bisa! Sekarang sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang bisa kamu ikuti layak dengan minatmu. Dijamin kamu akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube memiliki banyak konten menarik yang bisa bikin kamu nyaman duduk di sofa seharian sambil mengamati ke layar ponselmu. Sebaiknya pakai waktumu ketika membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kau akan dapat banyak pembelajaran langsung dari ponselmu, tanpa patut beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang bisa menambah ilmumu.

#6. Turut kelompok sosial
Ilmu yang paling fresh adalah ilmu yang kita dapat secara seketika dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan komunitas lokal. Enggak hanya kau dapat memperluas pergaulanmu dengan bersua orang baru, tapi kamu juga bisa belajar atau mendengar langsung dari orang-orang kelompok sosial hal yang demikian.

#7. Kursus online
Jikalau kau yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa seharusnya kuliah, membikin ikhtisar, atau melaksanakan tugas lagi seperti masa kuliah, namun enggak berharap duduk di kelas, kamu bisa mengambil kursus online. Sudah tersedia banyak banget loh, kursus online yang tidak dipungut bayaran atau berbayar. Pastinya mempermudah kamu yang mau memperoleh akta akademis sah tanpa mesti kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait Tentang leerebookes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *